Ada banyak cara untuk berinteraksi dengan konsumen. Tidak hanya di dunia nyata, dunia maya juga harus dioptimalkan. Hampir semua yang memiliki komputer dan ponsel juga memiliki akun media sosial. Fungsi media sosial yang tadinya sekedar pertemanan sesama individu pun, kini meluas jadi sarana “pertemuan” brand dengan para pelanggan.
Patut diakui bahwa kehadiran media sosial semakin mengakrabkan hubungan produsen dan konsumen. melalui platform ini, hubungan yang terjalin tidak melulu masalah bisnis, namun juga masalah lain yang lebih personal. kehadiran media sosial juga membuka kesempatan yang sangat luas bagi setiap orang untuk membangun bisnisnya sendiri.
Akan sangat disayangkan jika kita tidak memanfaatkan segala keuntungan yang ditawarkan media sosial dalam membangun bisnis. saking berpengaruhnya untuk mempererat hubungan dengan konsumen, hampir semua brand kini memiliki akun media sosial.
Jika bisnis kita aktif di media sosial, berarti kita sedang membangun sebuah reputasi dan merek yang kita miliki atau dikenal dengan istilah branding . semakin aktif kita memposting hal-hal terkait bisnis kita, maka semakin dekat kita dengan calon konsumen, bahkan calon investor. hal ini tentu berdampak luar biasa pada brand produk atau jasa yang hendak kita pasarkan.
Yang pertama harus dilakukan adalah memilih platform media sosial yang tepat untuk bisnis yang kita jalani. ketahuilah karakteristik media sosial melalui internet untuk memastikan platform apa yang tepat untuk bisnis kita. sebab, karakteristik pengguna Facebook tentu berbeda dengan pengguna Twitter, Instagram, Path atau media sosial lainnya.
Agar semakin optimal, kita juga wajib menargetkan agar yang menjadi kawan kita di media sosial adalah mereka yang berpotensi menjadi rekan bisnis atau konsumen. ketepatan sasaran pertemanan yang sesuai dengan bisnis yang kita tawarkan akan sangat berpengaruh pada kesuksesan bisnis kita. sebagus apapun yang kita punya, akan sia-sia jika ditawarkan kepada mereka yang tidak membutuhkan, bukan?
Agar bisnis yang kita bangun makin kokoh, pastikan kita tidak hanya berbicara satu arah. Artinya, kita harus mau mendengarkan para pengikut akun media sosial kita. bukankah setiap orang ingin didengarkan? berinteraksilah dengan pengikut akun Anda. mereka juga bisa memberi masukan berharga.
Jangan ragu untuk melakukan riset perilaku pasar dan kompetitor. Dengan memanfaatkan media sosial, kita bisa mendapat umpan balik yang cepat, sehingga bisa mengetahui apa yang diinginkan oleh target. hal ini juga sangat membantu untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada konsumen, juga untuk memantau apa saja yang kompetitor lakukan, mulai kampanye hingga strategi mereka melayani pelanggan.
Selain hal-hal di atas, manfaat media sosial bagi bisnis adalah memangkas biaya promosi yang lumayan besar. biaya marketing seperti brosur dan iklan bisa diminimalisir melalui pengelolaan akun media sosial dengan baik.
Jadi, sudah siap mengembangkan bisnis melalui media sosial? Do it now.
0 Response to " Cerdas Manfaatkan Media Sosial"
Post a Comment